Kamis, 11 Desember 2014

soal UAS Gasal kelas X Bahasa Indonesia



PEMERINTAH KABUPATEN DEMAK
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
ULANGAN AKHIR SEMESTER SMA KABUPATEN DEMAK
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
 

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia                                 Hari/tanggal    :
Kelas                      : X IPA/IPS                                              Waktu             :
 

PETUNJUK UMUM
1.     TulislahNomorPesertaUlanganAkhir SemesterAnda di lembarjawaban yang telahdisediakan.
2.     Periksadanbacalahsoal-soaldengantenangdantelitisebelumAndamengerjakandanmenjawabnya.
3.     LaporkankepadaPengawasjikaterdapattulisan yang kurangjelas, rusakataujumlahsoalkurang.
4.     Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan soal UlanganAkhir Semesterini.
5.     Jumlahsoalsebanyak 20 butirsoalpilihangandadan 10 soaluraian.
6.     Tidakdiizinkanmenggunakankalkulator, HP, tablematematikaataualatbantuhitunglainnya.
7.     ApabilaAndainginmembetulkanjawaban di lembarjawab, corekjawabansebelumnya.
8.     PeriksalahpekerjaanAndasebelumdiserahkankepadaPengawasUlanganAkhir Semester 2014.
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlahsalahsatujawaban yang paling benardengancaramembubuhkantandasilang (X) pada hurufA, B, C, DatauEpadalembarjawaban yang disediakan!

1.    Teks anekdot pada umumnya terdiri dari 5 bagian. Kelima bagian itu yakni abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Bagian yang berfungsi sebagai pembukaan dan memberi gambaran isi teks disebut ....
A.    abstraksi
B.     orientasi
C.     krisis
D.    reaksi
E.     koda

2.    Sindiran dari  penggalan anekdot di bawah iniditujukan kepada ....
Pada suatu kelas di SMA Suka Maju seorang guru sedang bertanya pada anak didiknya.
Bu Guru    :Joniabis dari mana saja kamu?
Joni          :Maaf bu,tadi saya abis makan di warung depan sekolah  
 Bu Gur     :Ngapain kamu kesana?kita kan sudah punya kantin disebelah UKS
Joni              :Itu kantin Bu?saya kira petakan Bu,kecil banget!
(para murid langsung tertawa mendengar jawaban Joni)
Bu Guru     :Huss kamu ini masih mending ada kantin!
Joni          :Tapi benerkan Bu?
Bu Guru    :Iya juga sih,rame banget lagi kayak pasar.
A.     fasilitas kantin sekolah
B.     Bu guru
C.      Joni
D.     anak didik
E.     para pembeli di kantin

Bacalah penggalan 2 anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 3 s.d. 6!
Anekdot I tentang Kelas Akselerasi (Kelas Percepatan)
Guru           : “Apa yang kalian butuhkan untuk berada di kelas akselerasi ini?”
Gembul       : “Harus banyak makan, Pak.”
Rara            : “Harus banyak-banyak belajar, Pak.”
Tutut           : “Harus kuat mental dan fisik, Pak.”
Guru           : “Ada yang ingin menambahkan?”
Mia             : “Saya Pak! HARUS KUAT DALAM URUSAN DUIT, PAK!
(Dengan serentak, seluruh orang di kelas itu tertawa.)
Guru           : “Coba sebutkan alasanmu!”
Mia                         : “Karena, kamar kecil saja membayar Pak apalagi kelas Akselerasi dengan vasilitas    lengkap.”
Anekdot II tentang Kelebihan SCI
Catur          : “SCI sih apa? Siswa Cayang Ibu?, atau Sekolah Cepet Ilegal?”
Yoga          : “Bukan, itu loh, Siswa Cerdas Istimewa bahasa kerennya acceleration. Yang sekolahnya cuma 2 tahun. Syarat masuk SCI tuh IQ minimal 130, nilai UN semua mapel minimal 9. Awalnya sih, tapi sekarang yang paling penting orang tuanya harus mampu membiayai karena banyak iurannya.
Catur          : “Emang fasilitasnya apa aja?”
Yoga          : “AC 2, wifi, stopkontaknya ada 30, ada etalasenya, LCD, jam dinding, kotak amal, computer + perlengkapannya, banyak pialanya tapi titipan, banyaklah pokoknya.”
Catur          : “Terus yang lebih istimewa?”
Yoga          : “Katanya sih, hasil rapat kemarin katanya SCI mau beli kursi baru. Kursinya empuk dan terbatas, harganya aja 360.000 ribu.”
Catur          : “Emang kursinya kaya apa?”
Yoga          : “Belum tahu. Mungkin kursi serbaguna, full musik, ada sabuk pengamannya, bisa buat tidur kaya di bis evisiensi, bisa buat pijat refleksi, dan bisa buat terbang kali, pokoknya kerenlah. Kamu mau masuk SCI? Buruan... Kursinya terbatas."
3.    Ke-2 penggalan anekdot di atas mempunyai persamaan sindiran. Persamaan sindiran tersebut adalah ....
A.    mudahnya masuk Kelas Akselerasi
B.     mahalnya biaya Kelas Akselerasi
C.     lengkapnya fasilitas Kelas Akselerasi
D.    banyaknya siswa yang ingin masuk Kelas Akselerasi
E.     murahnya biaya Kelas Akselerasi

4.    “Belum tahu. Mungkin kursi serbaguna, full musik, ada sabuk pengamannya, bisa buat tidur kaya di bis efisiensi, bisa buat pijat refleksi, dan bisa buat terbang kali, pokoknya kerenlah. Kamu mau masuk SCI? Buruan... Kursinya terbatas."
Berdasarkan strukturnya, isi penggalan anekdot II tersebut termasuk bagian ....
A.    abstraksi
B.     krisis
C.     koda
D.    orientasi
E.     reaksi

5.    Pembetulan penulisan istilah vasilitas, computer, dan evisiensi adalah ....
A.    fasilitas, computer, evisiensi
B.     vasilitas, komputer, evisiensi
C.     vasilitas, komputer, efisiensi
D.    fasilitas, komputer, efisiensi
E.     fasilitas, computer, efisiensi

6.    Anekdot I tentang Kelas Akselerasi (Kelas Percepatan) dan anekdot II tentang Kelebihan SCI layak disebut anekdot karena ....
A.    disampaikan dalam bentuk cerita singkat
B.     bersifat lugas tanpa pelajaran tertentu
C.     mengandung peristiwa dan tokoh
D.    bertokohkan seseorang yang lucu dan terkenal
E.     terdapat unsur humor dan sindiran

7.    Perhatikan anekdot di bawah ini!
Berpolitik
Guru      : Joni, bagaimana pendapatmu tentang politik?
Joni        :Nggak tau Bu, saya nggak suka politik. Banyak yang main curang, apalagi yang korupsi, banyak sekali Bu.
Guru      : Eh jangan gitu! Politik itu bagus lho, politik itu usaha yang dilakukan warga negara untuk mencapai tujuan bersama dan yang kita lakukan juga ada politiknya.
Joni        : Oh begitu ya Bu. Saya jadi suka politik. Oke deh saya akan memakai politik dalam ujian nanti.
Guru    : Bagus, gimana cara politik Joni biar tujuan dalam ujiannya tercapai?
Joni      : Ya belajarlah, apalagi ada Google, jadi makin mudah deh.
Guru    : Pintar, apa yang akan Joni cari di Google?
Joni      : Cara menyontek saat ujian agar tidak ketahuan, Bu.
Pesan baik yang dapat dipetik dari isi anekdot di atas adalah ...
A.    Berpolitiklah untuk melakukan tindakan korupsi!
B.     Berpolitiklah untuk mencapai tujuan pribadi!
C.     Pakailah fasilitas google untuk membantu mengerjakan ujian!
D.    Pakailah cara yang baik untuk menyontek saat ujian agar tidak ketahuan!
E.     Pakailah politik untuk tujuan yang baik!
Bacalah paragraf di bawah ini!
8.                       Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.
Teks eksposisi tersebut termasuk pada bagian struktur....
A.    tesis                                                                            D. eksposisi
B.     penegasan ulang                                                         E. abstraksi
C.     argumentasi

Bacalah paragraf di bawah ini!
9.     
Lima belas pelajar di Bandung yang terpilih dari sejumlah sekolah, mulai 29 Juni sampai 20 Juli mendatang, akan terlibat dalam pelatihan sekaligus praktik pembuatan film dokumenter dengan tema “Kehidupan Jalan di Bandung”. Karya film dokumenter berdurasi 10 s.d. 15 menit itu nantinya akan diperbanyak dan disebarkan ke sekolah di seluruh Indonesia. Hal itu disampaikan Dian Herdianty, koordinator proyek In-Docs Junior Camp, di Bandung. Kamis (26/6).





 






Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan paragraf di atas yaitu .....
A.    Pelatihan dan praktik pembuatan film dokumenter dilaksanakan sampai tanggal 20 Juni.
B.     Tema dari film dokumenter yaitu “Kehidupan Jalan di Bandung”.
C.     Dian Herdianty adalah koordinator proyek In-Docs Junior Camp.
D.    Pelatihan dan praktik pembuatan film dokumenter dilaksanakan mulai tanggal 29 Juni.
E.     Lima belas pelajar di Bandung yang terpilih, akan praktik membuat film dokumenter berdurasi 10 s.d. 15 menit.

Cermatilah paragraf di bawah ini!
10.   Teks 1
Perlu diketahui bahwa negara China dan Jepang bisa lebih maju daripada Indonesia karena mereka banyak membuat inovasi hasil karya di negara-negara Barat. Sebagai contoh, industri mainan anak-anak produksi negara Barat selalu dipatok dengan harga mahal karena memang kualitas bahan lebih bagus. Namun, negara China pun mampu membuatnya dengan harga yang lebih murah dan kualitas tidak kalah bersaing.
Teks 2
Setelah berkhayal, kembalilah ke realita. Kepala boleh di langit, tetapi kaki harus tetap menjejak bumi. Mulailah dari yang Anda punya dan jangan membandingkan dengan milik orang lain. Jika mampu memasak dan hasilnya disenangi orang rumah, Anda berbakat membuka katering atau usaha membuat toko kue. Atau jika Anda sabar melatih anak, mampu dan terlatih mencarikan solusi bagi anak-anak yang kurang fokus belajar, jadilah guru les dan pembimbing.

Perbedaan isi dari kedua teks tersebut yaitu ......
A.    Kedua teks tersebut mengandung beberapa kalimat yang tidak efektif.
B.     Kedua teks tersebut banyak menggunakan kalimat imperatif.
C.     Teks 1 menggunakan bahasa baku; teks 2 banyak kata yang menggunakan bahasa yang tidak baku.
D.    Teks 1 banyak menggunakan kalimat imperatif; teks 2 bertujuan menyampaikan informasi.
E.     Teks 1 bertujuan menyampaikan informasi; teks 2 banyak menggunakan kalimat imperatif.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 11 dan 12.
11.  (1) Suasana akan semakin ramai pada akhir pekan. (2) Jika angin sedang kencang, tidak sedikit anak muda yang datang ke dermaga itu untuk menaikkan layang-layang. (3) Memancing, bermain air, bermain layangan, atau sekadar melewatkan senja dengan menikmati pemandangan di sekitar Sungai Musi. (4) Itulah aktifitas baru yang dilakukan oleh warga Palembang di dermaga depan Benteng Kuto Besak.
Contoh kalimat yang bukan fakta adalah .....
A.    (1)                                                              D. (4)
B.     (2)                                                              E. (3) (4)
C.     (3)

12.  Kata tidak baku dalam cuplikan di atas adalah .....
A.    ke dermaga                                                     D. sekadar                  
B.     aktifitas                                                          E. layang-layang
C.     Sungai Musi

Bacalah teks di bawah ini!
13.                   Banyak masyarakat miskin hidup kekurangan. Harga kebutuhan pokok yang terus meroket membuat mereka  semakin terimpit. Di antara masyarakat miskin tersebut ada yang tidak dapat bertahan dengan kondisi ekonomi  yang mereka hadapi. Kondisi yang mereka alami tersebut memunculkan pemikiran yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Hampir setiap hari terjadi peristiwa pencurian dan perampokan di beberapa daerah yang dilakukan masyarakat miskin. Kejadian tersebut turut andil dalam peningkatan kriminalitas di Indonesia.

Menurut jenisnya, paragraf di atas merupakan contoh jenis paragraf .......
A.    Eksposisi analisis                                            D. Eksposisi definisi
B.     Eksposisi ilustrasi                                           E. Eksposisi identifikasi
C.     Eksposisi klasifikasi

Perhatikan penggalan teks eksposisi berikut!
Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9-14 Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
….
14. Penggalan teks eksposisi tersebut merupakan bagian … dari teks eksposisi secara keseluruhan.
A. tesis
B. penegasan ulang
C. penegasan pendapat
D. argumentasi
E. penegasan

Perhatikan penggalan teks laporan observasi berikut!
            Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
            Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Benda hidup sering disebut makhluk hidup, dan benda mati sering disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, membutuhkan makanan, dan mempunyai keturunan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri tersebut. Kera, ikan, tumbuh-tumbuhan merupakan contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, plastik, air merupakan contoh benda mati.

15. Struktur teks laporan observasi yang terdapat pada paragraf pertama pada penggalan teks laporan observasi tersebut adalah ….
A. umum
B. pernyataan
C. klasifikasi
D. anggota
E. aspek

Perhatikan penggalan puisi berikut!

Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi

Bising gergaji mengoyak sepi dari hutan
Pohon-pohon tumbang
Mobil-mobil besar menggendongnya
Tergesa-gesa ke kota
Gunung dan lembah luka parah
Kulitnya terkelupas
Erang sakitnya merambah ke mana-mana
….

16. Penggalan puisi tersebut merupakan laporan observasi yang dapat diinterpretasikan ….
A. bising gergaji di pabrik menyebabkan polusi suara
B. hilir mudik truk besar menyebabkan polusi udara
C. pembangunan kota mengacaukan ekosistem
D. pembangunan pabrik merusak lahan
E. penggundulan hutan merusak bumi

Perhatikan penggalan teks laporan observasi berikut untuk mengerjakan soal nomor 17 dan 18!
            Setiap kali musim hujan tiba, rumahku dan rumah sebagian besar tetanggaku selalu mengalamikebanjiran. Hal itu sudah menjadi biasa dan kami sudah bersiap-siap untuk menerimanya setiap kali musim hujan tiba.
Sebenarnya berat menerimanya. Tetapi mau bagaimana lagi? Banjir tetap saja datang meskipun berbagai upaya penanggulangannya sudah dilakukan. Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan setiap minggu,  seperti melebarkan dan menyetandarkan ukuran parit, melancarkan saluran pembuangan, membakar dan mendaur ulang sampah.

17. Paragraf kedua pada penggalan teks laporan observasi tersebut berisi ….
A. masalah banjir
B. upaya penanggulangan banjir
C. mempertanyakan masalah banjir
D. pernyataan pendapat tentang banjir
E. jenis dan sebab banjir

18. Perbaikan untuk frasa yang dicetak miring pada penggalan teks laporan observasi tersebut adalah ….
A. mengalami banjir
B. terkena kebanjiran
C. menderita banjir
D. terkena banjir
E. mendapat banjir

Perhatikan penggalan teks laporan observasi berikut untuk mengerjakan soal nomor 19 dan 20!
           
Harimau (panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.


19. Kata digolongkan pada penggalan teks laporan observasi tersebut merupakan kata ….
A. penghubung
B. sambung
C. sifat
D. kerja
E. benda

20. Kata pemangsa dan pemakan pada penggalan teks laporan observasi tersebut merupakan kata benda penjenis yang berfungsi ….
A. menentukan jenis kata yang diikuti
B. menentukan jenis kata yang mengikuti
C. menentukan jenis benda yang mengikuti
D. menentukan jenis benda yang diikuti
E. menentukan jenis hal yang mengikuti


SOAL URAIAN

Petunjuk
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat serta gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!

1.    Tentukanlah strukturisi teks anekdot berikut ini!
Rencana Studi Banding ke Jepang
Pengamat politik Indonesia sedang bingung atas sikap rakyat. Biasanya mereka sangat keras mengecam studi banding anggota DPR, yang dianggap hanya plesir dengan menggunakan anggaran dinas.
Akan tetapi, khusus untuk studi banding ke Jepang, rakyat justru ramai-ramai mendukung agar studi banding itu segera dilaksanakan dan hasilnya cepat diaplikasikan pada seluruh anggota parlemen.
Merasa penasaran, pengamat politik itu pun bertanya kepada seorang pedagang asongan, yang mangkal di depan gerbang DPR, "Mengapa Bapak mendukung studi banding anggota DPR ke Jepang?"
"Oh, itu," sahut si bapak. "Saya mendukung penuh sebab anggota DPR itu akan belajar teknik harakiri massal di Jepang. Semoga segera diterapkan untuk seluruh anggota DPR."
Pengamat politik itu pun tersenyum manggut-manggut.     
sumber: http://www.ketawa.com

2.    Bandingkanlah struktur isi teks anekdot “Rencana Studi Banding ke Jepang” di atas dengan struktur isi teks anekdot “Politisi BlusukanBanjir” berikut!
Politisi Blusukan Banjir
Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah. Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.   
Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding :“Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
(diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)

3.    Perbaikilah teks anekdot “Politi Blusukan Banjir” di atas sesuai dengan struktur teks anekdot!




Bacalah teks eksposisi di bawah ini untuk soal nomor 4 dan 5.
                                                                       MANFAAT JAMU TRADISIONAL

Seiring dengan kemajuan jaman, banyak hal mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan tekhnologi yang semakin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat semakin menjangkau tekhnologi informasi dan tekhnologi kesehatan.
Walaupun demikian, obat tradisionil atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan moderen seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit moderen, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisionil (Katno, Fak. Farmasi UGM, Tribun Jogja 2011). Pertama, obat tradisionil mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan, maupun penyesuaian dengan indikasi. Kedua, ada efek komplementer dan atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (Komponen Bioaktif tanaman obat). Ketiga, satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi. Ketiga, obat tradisionil lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatistis dan penyakit degeneratif seperti reumatik, asma, tukak lambung, ambien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisionil jika dibandingkan dengan obat moderen lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus, obat moderen akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.

4.      Tentukan struktur dari teks eksposisi yang berjudul “Manfaat Jamu Tradisional”!
5.      Sebutkan 5 penulisan kata tidak baku dalam teks eksposisi yang berjudul “Manfaat Jamu Tradisional”!

Bacalah teks eksposisi di bawah ini untuk menjawab soal nomor 6.
Teks 1
            Perlu diketahui bahwa negara China dan Jepang bisa lebih maju daripada Indonesia karena mereka banyak membuat inovasi hasil karya di negara-negara Barat. Sebagai contoh, industri mainan anak-anak produksi negara Barat selalu dipatok dengan harga mahal karena memang kualitas bahan lebih bagus. Namun, negara China pun mampu membuatnya dengan harga yang lebih murah dan kualitas tidak kalah bersaing.
Teks 2
             Setelah berkhayal, kembalilah ke realita. Kepala boleh di langit, tetapi kaki harus tetap menjejak bumi. Mulailah dari yang Anda punya dan jangan membandingkan dengan milik orang lain. Jika mampu memasak dan hasilnya disenangi orang rumah, Anda berbakat membuka katering atau usaha membuat toko kue. Atau jika Anda sabar melatih anak, mampu dan terlatih mencarikan solusi bagi anak-anak yang kurang fokus belajar, jadilah guru les dan pembimbing.

6.      Sebutkan perbedaan dari kedua teks tersebut dari aspek jenis teks, isi, bahasa, dan tujuan penulisan teks!



7.  Suntinglah penggalan teks eksposisi berikut menjadi urutan teks yang baik!
           
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan obat modern lebih aman dan ekonomis. (1)
            Obat tradisional memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan itu antara lain mempunyai sedikit efek samping, ada efek komplementer, lebih murah, dan lebih sesuai untuk penyakit metabolik dan degeneratif. (2)
            Walaupun demikian, obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern seperti diabetes. (3)
Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan.(4)

8.    Tentukan struktur atau kaidah teks laporan observasi berikut!
Teks 1:
            Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
            Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Benda hidup sering disebut makhluk hidup, dan benda mati sering disebut makhluki mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, membutuhkan makanan, dan mempunyai keturunan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri tersebut. Kera, ikan, tumbuh-tumbuhan merupakan contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, plastik, air merupakan contoh benda mati.

9.    Bandingkan struktur/kaidah teks laporan observasi berikut (Teks 2) dengan teks observasi pada soal essai nomor 8 (Teks 1)!
Teks 2:
Menikmati puisi dapat dilakukan melalui banyak cara. Cara menikmati puisi antara lain melalui membaca, mendeklamasikan, melagukan, dan memparadekan.
Membaca puisi merupakan cara memahami puisi melalui membaca teks puisi. Pembaca diharapkan tetap membawa teks puisi, membaca dengan penuh penghayatan dan tekanan yang kuat dalam intonasinya, dan meminimalkan gestur/gerak tubuh.
Mendeklamasikan puisi merupakan cara memahami puisi melalui menghafal. Pendeklamasi diharapkan menghafalkan teks puisi, membaca dengan penuh penghayatan dan tekanan yang kuat dalam intonasinya, dan memaksimalkan gestur/gerak tubuh.
Melagukan puisi merupakan cara memahami puisi melalui lagu. Dengan kata lain puisi yang dilagukan, diiringi alat musik lengkap, dengan penuh penghayatan dan tekanan yang secukupnya dalam intonasi, dan gestur/gerak tubuh disesuaikan dengan irama lagu.
Memparadekan puisi merupakan cara memahami puisi melalui membaca bersama beberapa orang dengan diiringi alunan musik pengiring pengisi jeda. Pembaca puisi dalam parade puisi membaca bergantian sesuai urutan alur yang telah ditentukan, diiringi beberapa alat musik, dengan penuh penghayatan dan tekanan, dan memaksimalkan gestur/gerak tubuh.

10. Suntinglah penggalan teks eksposisi berikut!      
Kekeringan adalah keadaan dimana ada kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksikan secara tepat.
            Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah  mendapatkan curah hujan yang lebih dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum.


Selamat mengerjakan secara jujur, ingat Alloh selalu melihatmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar